Anda di sini
Beranda > Artikel > Homeschooler ada di mana-mana!

Homeschooler ada di mana-mana!

Homeschooler ada di mana-mana

Oleh: Ellen Kristi

Ketika Perserikatan Homeschooler Indonesia (PHI) dibentuk tanggal 20 Desember 2016 lalu, cita-cita para pendirinya sesederhana: ingin membentuk jejaring homeschooler se-Indonesia, untuk bergerak bersama memperjuangkan pemenuhan hak-hak anak kami sebagai pembelajar mandiri dan merdeka, diperhatikan pemerintah dan diapresiasi masyarakat setara dengan anak-anak yang sekolah formal.

Bulan demi bulan lewat, simpul demi simpul terbentuk, kami kaget juga ketika menyadari bahwa homeschooler itu betul-betul ada di mana-mana. Ternyata “se-Indonesia” itu betul-betul se-Indonesia! Dari barat sampai timur Indonesia, Banda Aceh sampai Manokwari, ada homeschooler. Mulai dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, sampai Papua  ada homeschooler.

Per medio Januari 2018, hanya satu tahun lebih satu bulan dari berdirinya, sudah terbentuk simpul PHI di 21 provinsi dan 66 kabupaten/kota – dan ke depan kami yakin akan menemukan kawan seperjuangan di lebih banyak daerah lagi. Proses penambahan simpul cepat karena selama ini sebetulnya kawan-kawan homeschooler se-Indonesia itu sudah merasa butuh berjejaring kok, tinggal nunggu diajak aja! Bener kan?

Sesuai dengan riset Timothy Hagen (2011), umumnya orangtua homeschooler berpendidikan baik. Tidak harus gelarnya tinggi – ada koordinator simpul PHI yang hanya lulusan SMA – tapi kesadaran pendidikannya tinggi. Komitmen orangtua homeschooler untuk mendampingi putra-putri dalam belajar apa saja, di mana saja, kapan saja, bersama siapa saja juga amat besar.

Apa yang terjadi ketika para ayah-ibu berkesadaran pendidikan dan berkepedulian tinggi ini kumpul jadi satu? Me-nak-jub-kan! Saat homeschooler memadukan kekuatan, sumberdaya mereka (kami, ding) luar biasa. Mau cari yang ahli IT, ada. Mau cari yang ahli desain, ada. Mau cari yang gape bikin video, ada. Mau cari yang peneliti berpengalaman, ada. Dosen, ada. Penerjemah, ada. Potensi-potensi tak terbilang beragamnya. Dan karena frekuensinya sama, sama-sama berjiwa pembelajar, enaklah kerja bareng sesama homeschooler di PHI. Saling melayani, saling mengajari.

Membentuk jejaring seperti ini juga banyak untungnya. Berasa punya saudara di seluruh Indonesia. Anggota PHI dari Jakarta liburan ke Solo? Langsung kontak simpul setempat, langsung dapat pemandu wisata gratisan, diajak kuliner keliling kota dan nonton wayang orang. Butuh info tentang kota/kabupaten tertentu? Tinggal tanya aja ke simpul di sana. Ada homeschooler yang punya inisiatif bikin event kolaborasi homeschooler antar daerah (misalnya, Sukacita Belajar bulan Juli depan)? Ngumpulin orangnya jadi gampang, yang promo juga lebih banyak.

Di grup WA, info-info kegiatan seru terkait pendidikan berseliweran. Tinggal pilih aja mana yang cocok. Kalau ada isu terbaru, saling berbagi. Bagaimana kalau homeschooler di sana atau di sini mendapat masalah? Bisa langsung saling konsultasi dan memberi saran juga. Ada bencana alam, juga langsung muncul inisiatif menggalang dukungan bahkan mengantar bantuan ke lokasi. Keren, keren!

Ketika homeschooler yang ada di mana-mana kompak berorganisasi, kita menjadi lebih “kuat”, daya tawar kita lebih tinggi. Bayangkan kalau harus berurusan dengan aparat pemerintah, lalu kita cuma bawa keluarga kita sendiri. “Emang siapa elu?” – bisa begitu jawabnya, kan? Dengan menyatukan diri dalam wadah organisasi, ada banyak hal yang dapat kita kerjakan bersama, yang mustahil kita lakukan kalau keluarga kita terpisah-pisah, tak terhubung, jalan masing-masing.

4 thoughts on “Homeschooler ada di mana-mana!

  1. Dear PHI,
    Saya baru pindah dari semarang dan sekarang tinggal di pulau karimun jawa.
    Anak saya usia 2 tahun 8 bulan dan berencana untuk homeschooling.
    Apakah ada simpul PHI di kota jepara jawa tengah?
    Atau simpul terdekat dari kota jepara ada dimana?
    Agar saya bisa mengikuti kegiatan dari PHI untuk menambah wawasan saya tentang homescholling.
    Terima kasih

    1. Dear Mbak Dinda, untuk memperoleh kontak koordinator simpul PHI di Jepara, sila hubungi Halo PHI di 081234974994.

  2. Dear PHI,
    Saat ini saya sedang mencari informasi mengenai homeschooling untuk jenjang SMA. Apakah ada kontak simpul di kota Makassar?
    Thanks

Leave a Reply

Top