Anda di sini
Beranda > Berita > Empat Simpul PHI Terbentuk di Wilayah Solo Raya

Empat Simpul PHI Terbentuk di Wilayah Solo Raya

Penulis: Noor Aini Prasetyawati

Solo, phi.or.id – Keluarga homeschooler dari Komunitas Berumpun menjadi tuan rumah safari Perserikatan Homeschooler Indonesia (PHI) di Solo pada hari Sabtu(20/5). Bertempat di Science Center daerah Jebres, safari ini melahirkan empat simpul PHI, yakni di Kota Solo, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Karanganyar, dan Kabupaten Klaten.

Dalam suasana santai, duduk lesehan membentuk huruf U, para ayah dan ibu menyimak materi yang disampaikan oleh Koordinator Nasional PHI Ellen Kristi dengan serius dan antusias. Seperti di safari sebelumnya, Ellen memaparkan tantangan-tantangan riil yang dihadapi homeschooler di Indonesia dan perlunya mengorganisir diri.

“Selama ini homeschooler belum banyak bersuara soal kebijakan, padahal kebijakan negara sangat mempengaruhi praktik homeschooling,” kata Ellen. “Untuk memastikan kebijakan yang baik dilaksanakan dengan baik, kita mesti berhimpun dalam organisasi yang solid,” lanjutnya.

Sekitar 30 peserta yang hadir aktif melontarkan pertanyaan dan masukan dalam sesi diskusi yang dipandu dengan penuh canda oleh Nina Susanto. Pertanyaan tentang seluk beluk organisasi PHI tak terlalu banyak, sepertinya semua setuju bahwa berjejaring dan berorganisasi adalah kebutuhan homeschooler. Topik yang paling seru adalah soal menjamin hak-hak homeschooler, termasuk kebijakan dan prosedur mengikuti ujian kesetaraan.

Sambil makan siang, para peserta berkumpul sesuai kota atau kabupaten masing-masing. Sebagai koordinator simpul PHI terpilih Nina Susanto untuk Kota Solo, Ratri Jingga untuk Kabupaten Karanganyar, Tuning Wahyu untuk Kabupaten Klaten, dan Ratma Pratiti untuk Kabupaten Boyolali.

Selama orangtua berserius ria, anak-anak bermain dan belajar didampingi oleh relawan Science Center. Sarana publik ini memiliki koleksi sekitar 20 alat peraga sains dan menyediakan berbagai aktivitas untuk anak berupa pemutaran film sains, demo sains dan peluncuran roket air yang bisa diakses secara gratis. Pemilihan tempat ini sesuai dengan komitmen Komunitas Berumpun agar tiap kegiatannya menyenangkan dan bermanfaat baik bagi orangtua maupun anak-anak.

Editor: Ellen Kristi

Leave a Reply

Top